Menu Tutup

Elementor #2606

Hari Pertama Simulasi ANBK

SMK Stella Maris Labuan Bajo

Testimoni

pelaksanaan

Kamis, 02/09/2021

SMK PK Stella Maris Labuan Bajo, melaksanakan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari pertama. Ada dua ruangan yang dipakai untuk melaksanakan simulasi. Masing-masing ruangan diisi oleh maksimal 15 Peserta Didik agar menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Selain itu, Peserta Didik dibagi ke dalam tiga sesi. Tiap sesi dialokasikan waktu 90 menit untuk tes literasi dan numerasi, serta 20 menit untuk mengisi angket. Setiap Peserta Didik diwajibkan untuk menggunakan masker.

Ibu Lediana Seko, S.Pd sedang memberi Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada Peserta Didik sebelum memulai simulasi
Lorensius Ndare, S.Kom, sedang mengawas dan mendamping Peserta Didik saat sedang melaksanakan simulasi.

Pelaksanaan simulasi awalnya ditunda kira-kira lima jam lebih. Hal itu bukan karena kelalaian interen melainkan karena ada masalah teknis dengan server pusat. Para peserta didik harus menunggu selama beberapa jam. Sekitar pukul 12.00 server pusat mengkonfirmasi bahwa pelaksanaan simulasi daring sudah bisa dilaksanakan. Peserta didik yang sudah dibagi ke dalam sesi pertama langsung memasuki ruangan simulasi dan para guru pendamping mengarahkan mereka untuk login ke server. Para peserta didik begitu antusias dengan arahan para guru. Mereka diarahkan dan dibimbing secara baik dalam mengerjakan dan mempelajari soal-soal, literasi maupun numerasi. Selama pelaksanaan simulasi ada banyak kendala yang dijumpai peserta didik. Baik itu masalah teknis maupun masalah dalam mengerjakan soal. Hal itu amat wajar mengingat mereka baru pertama kali berhadapan dengan simulasi asesmen secara daring. Masalah-masalah yang dialami peserta didik diatasi oleh para guru pendamping yang memang memiliki keahlian dan selalu stand by ada bersama mereka. Adanya tanya jawab antara para guru dan peserta didik selama proses simulasi merupakan poin positif yang perlu diperhatikan karena secara tersirat menggambarkan kompetensi masing-masing peserta didik.

Pelaksanaan simulasi pada hari pertama berlangsung sampai pukul 16.00. Semua peserta didik mengikuti simulasi dengan baik. Hari ini menjadi pelajaran yang berarti untuk mereka. Mereka merasa puas dengan pelaksanaan simulasi karena infrastruktur dan fasilitas yang disiapkan Sekolah begitu membantu mereka. Harapannya ini menjadi awal yang baik. Kerja sama semua pihak amat dibutuhkan. Peserta didik diharapkan tetap semangat dan terus belajar agar pada saat ANBK dapat mengerjakan soal dengan baik. Seluruh civitas SMK PK Stella Maris mendukung dan siap membantu.

Siswa kelas XI SMK PK Stella Maris sedang mengerjakan soal asesmen.
Admin

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *